KHASIAT SUSU KEDELAI

Di posting oleh TIPS HIDUP SEHAT pada 01:28 PM, 14-Feb-13 • Di: KHASIAT SUSU

manfaat-susu-kedelai.jpg   Manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh manusia ternyata dahsyat. Jika selama ini anda meremehkan khasiat minuman yang terbuat dari sari kedelai ini, maka setelah membaca artikel ini anda pasti akan segera berubah pikiran. Karena dibalik cara pembuatannya yang sederhana, terkandung manfaat kesehatan yang luar biasa.

Susu kedelai sering kita temui karena memang banyak penjual yang menjualnya baik melalui kios atau keliling. Pembuatannya sangat sederhana dan mudah. Meski biasanya jika bikin sendiri di rumah susunya akan berbau langau, tapi apabila diberi campuran susu kental manis rasanya akan berubah menjadi sangat nikmat.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari susu kedelai yang bisa anda peroleh apabila mengonsumsinya :

1. Mengatasi Intoleransi Laktosa
 Intoleransi Laktosa adalah suatu kondisi di mana sistem pencernaan tidak mampu mencerna dan menyerap laktosa (lemak susu) dengan baik akibat terbatasnya enzyme laktase dalam tubuh- yang berfungsi memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa (monosakarida) agar lebih mudah dicerna usus. Dan ini tentu tidak baik untuk memberikan susu sapi yang mana mengandung laktosa susu kepada anak balita yang mengalami intoleransi laktosa. Gejalanya berupa mual, muntah, diare, dan gejala sakit perut yang lain.

Sebagai solusinya untuk anak balita anda yang berusia di atas 1 tahun ke atas, anda bisa memberikannya susu kedelai sebagai nutrisi pendamping ASI karena susu kedelai tidaklah mengandung laktosa susu. Dan berikan dalam porsi sewajarnya saja cukup 1-2 gelas per hari. Dan tak hanya pada anak-anak yang mengalami intolerensi laktosa, orang dewasa pun yang mengalami alergi susu sapi bisa mencoba mengonsumsi susu kedelai.

2. Bisa digunakan sebagai minuman pengganti susu sapi bagi penderita autisme
 Manfaat susu kedelai yang lain adalah sebagai minuman bergizi tinggi bagi anak penderita autis. Anda mungkin pernah mendengar istilah autis. Autisme dapat diartikan sebagai suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masa balita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal.

Para penderita autis disarankan agar tidak mengonsumsi makanan yang mengandung Kasein (Protein susu) dan Glutein (protein tepung). Kenapa? Karena kedua jenis protein tersebut dapat menyebabkan gangguan fungsi otak dan bisa menyebabkan si penderita autis menjadi lebih hiperaktif. Susu sapi dan keju adalah salah satu sumber kasein, jadi alih-alih memberikan susu sapi lebih baik apabila penderita autis diberi susu kedelai karena tidak kasein dan glutein. Hal tersebut supaya bisa mendapatkan pasokan nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral dalam jumlah cukup meski tanpa minum susu sapi.

3. Pengganti susu sapi bagi para vegetarian
 Vegetarian adalah orang yang tidak suka memasukkan masakan olehan yang mengandung daging ke dalam menu masakannya, mereka lebih memilih mengonsumsi produk seperti sayur dan buah untuk makanan sehari-hari. Nah, agar memperoleh gizi yang tidak kalah dengan gizi susu sapi maka vegetarian disarankan mengonsumsi susu kedelai. Karena kandungan gizi susu kedelai sangatlah besar, diantaranya vitamin (B1,B2,B6, dan provitamin A), sumber mineral (Kalsium, Magnesium, Selenium, Fosfor), sumber Karbohidrat, sumber Protein, dan sumber Lemak).

4. Mengurangi kadar kolesterol darah
 Seperti yang anda ketahui bahwa di dalam tubuh, kolesterol akan bergabung dengan protein dan akan membentuk suatu senyawa yang disebut lipoprotein. Lipoprotein sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL. Jika kadar LDL dalam darah terlalu banyak maka dapat menyumbat arteri serta meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Sedangkan kebalikannya apabila level HDL yang rendah malah dapat meningkatkan resiko penyakit jantug.

Nah, kandungan lesitin dalam susu kedelai akan berfungsi untuk menghalau LDL sedangkan kandungan isoflavon akan mampu berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan level HDL yang baik untuk kesehatan jantung.

5. Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Stroke
 Kandungan lainnya dalam susu kedelai adalah Vitamin E yang mampu mencegah terjadinya Penyakit Jantung Koroner dan Stroke. Penelitian pada Harvard University; menunjukkan mereka yang memperoleh Vitamin E 200 I.U/ hari; risiko mendapat gangguan kardiovaskular berat menurun sebesar 34 %.

Selain itu susu kedelai juga mengandung asam Folat dan Vitamin B6 yang juga bermanfaat mencegah penyakit jantung. Tak cukup sampai di ditu, kandungan magnesiumnya juga mampu mengatur tekanan darah seseorang.

6. Mencegah kencing manis / diabetes mellitus
 Kencing manis biasanya timbul karena tubuh kekurangan insulin yang berakibat kelainan metabolisme karbohidrat, protein, lemak, air, dan elektrolit. Beruntung, karena kandungan Asam Amino Glisin dan Asam Amino Arginin ternyata mampu menjaga keseimbangan insulin. Kandungan protein dalam susu kedelai pun ternyata lebih mudah untuk diterima oleh organ ginjal dibandingkan protein yang berasal dari hewan.

7. Menghambat menopause dan mencegah osteoporosis
 Kandungan isoflavon dalam susu kedelai mampu mengatasi sindroma menopause dan juga mencegah osteoporosis. Kandungan lainnya yang dapat menghambat menopause adalah vitamin E.

8. Mencegah migrain
 Anda pasti sering menyaksikan iklan obat di televisi yang menunjukkan seseorang yang megalami sakit kepala sebelah, ya itulah migrain. Sakit kepala sebelah atau yang sering pula disebut migrain ini biasanya bersifat kambuhan lebih banyak menyerang wanita dibanding pris dengan prosentase 3:1. Dengan mengonsumsi susu kedelai yang kaya akan kandungan Vitamin B-Complek (kecuali B12), Mineral (terutama Kalium), dan Asam Amino (terutama Lisin) akan mampu untuk mencegah dan meredakan migrain.

9. Sebagai minuman anti kanker
 Susu kedelai banyak mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal seragan radikal bebas pemicu kanker. Diantaranya adalah seleniu, vitamin E, isoflavon dan Genistein.

10. Untuk mencegah penuaan dini
 Anda pasti pernah bertemu denga seseorang yang wajahnya terlihat lebih tua dibanding usia yang sebenarnya. Mungkin orang tersebut mengalami apa yang dinamakan penuaan dini. Salah satu penyebab timbulnya penuaan dini adalah karena paparan radikal bebas. Nah, untuk melawannya dibutuhkan antioksidan. Itulah kenapa orang yang hidup di pedesaan dan suka memakan makanan yang mengandung antioksidan terlihat awet muda. Susu kedelai selain mengandung protein yang tinggi juga kaya akan zat senyawa Anti Aging. Jadi, tak ada lagi alasan bagi anda untuk tidak mengonsumsi susu yang terbuat dari kacang kedelai ini apabila ingin terlihat awet muda.

Meskipun manfaat susu kedelai amatlah besar bagi kesehatan namun perlu dicatat bagi para pria agar tak mengonsumsinya terlalu sering dan dalam jumlah berlebihan. Karena menurut beberapa sumber yang saya baca bisa mengurangi produksi hormon lelaki. Itu karena susu kedelai merupakan sumber phytoestrogen yang bisa menghambat produksi hormon testosteron pada pria. Kalau hal tersebut berlangsung dalam waktu lama maka kemungkinan bisa menimbulkan sisi feminin pada tubuh anda.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

35 tanggapan untuk "KHASIAT SUSU KEDELAI"

widiarko pada 01:30 PM, 14-Feb-13

http://obatin.mywapblog.com/khasiat-susu-kedelai-2.xhtml

Muhamad Robai Syn pada 01:52 PM, 14-Feb-13

Begitu mantap postingan anda, semantap orangnya...
Kunjungan rutin....

Dimaz6661 pada 01:55 PM, 14-Feb-13

Caddas bggt dah info nya! Hehe, mrgreen


down-arrow
http://dimazputrablogs.mywapblog.com/priview-java-game-worms-2011-armageddon.xhtml

LILIS LATIFAH pada 02:03 PM, 14-Feb-13

kiss go0d posting ya kaka kece, lol
heheheee, sory telat baru pulang sekolah..

Nyimak aja and Terus berkarya razz

ariyanto pada 02:09 PM, 14-Feb-13

kunjungan perdana boz,,
mantap inponya,,tapi ane minum susu kaleng aja..evil

ditunggu kunbalnya..

Muhammad Haikal pada 02:41 PM, 14-Feb-13

kunjungan siang dari muhammad haikal.
Nice khasiat susu nya.
jangan bosan bosan yah untuk mengunjungi dan berkomen di blog ane yang sederhana

Rio Naxz Deltra pada 02:45 PM, 14-Feb-13

Kunbal sukses sob, Ijin nyimax aja.
biggrin

Trik gratis pada 03:19 PM, 14-Feb-13

Nice post gan. . Mantap


http://trikgratis17.heck.in/crash-bandicoot-game-s60v3.xhtml

Zackyra pada 03:19 PM, 14-Feb-13

gan...
Lagi buru2 ni...
Ane save dulu belum smpet baca.

r1du4n21 pada 03:28 PM, 14-Feb-13

ternyata sangat bnyak ya manfaat nya

tetap semangat tetap enjoy biar bisa blogwalking terus biggrin
wkwkwkkaaaabuurr ....

đєиβğΰς pada 03:36 PM, 14-Feb-13

Postingan yg lezzaaattt Gan.... Mkc infonya cheesy-grin KunBal sukses

DewePunBZ pada 03:46 PM, 14-Feb-13

susu kedelai, menurut ane lebih enak dari susu sapi, gak bikin mual, smile
oh ya sob, komentmu dalam 1 postingan ane mencapai 3, hehe
salah mampir ya? smile

musik indonesia pada 03:48 PM, 14-Feb-13

byk jg khasiatnya tp ku blm pnah minum hehe

Dulayex pada 03:52 PM, 14-Feb-13

wah ternyata banyak juga manfaat nya ya sob baru tau. Sayj paling ogah tu minum susu kdelai karna bau nyah wah udah tau khasiat nya mau maksain minum ah.

SUSU COKLAT pada 03:54 PM, 14-Feb-13

nice info master...
Di tunggu di gubug saya

All Movies Mobile Blog pada 04:19 PM, 14-Feb-13

wah kalau susu kedlai tiap hari aku buat,soalnya tu susu buat tahu kang

hitzfild pada 04:57 PM, 14-Feb-13

bnyk bgt manfaatnya sob?.. tp gw lbh suka ama susu cap Nona.

Avino Яeverenge pada 05:05 PM, 14-Feb-13

hadir

Dewa Mensa pada 05:19 PM, 14-Feb-13

kunjungan sore sobat,mampir ke blog
sederhanaku ya,,moga ada yg
bermanfaat

Irfan Madridista pada 05:37 PM, 14-Feb-13

Telat,
maap sibuk

AlLbøyzعلم الهدى pada 05:37 PM, 14-Feb-13

Kunjungan sore. Postingannya bermanfaat. asoy lanjutkan..

Niko pada 05:41 PM, 14-Feb-13

mantap gan met sore wah makin cetar saja biggrin

Ridwan alawi pada 06:03 PM, 14-Feb-13

fullback sukses, dan juga follow blog anda

agus maulana pada 06:10 PM, 14-Feb-13

itu sih susu kesukaan ane sob...smile

ditunggu kunbalnya...

Reyfan pada 07:17 PM, 14-Feb-13

Kunjungan Malam Sobsmile

ditunggu kunbalnyahttp://unique.yu.tl/puisi-cinta-tak-bertuan.xhtml

Reyfan pada 07:18 PM, 14-Feb-13

Follow blog saya dong ntar ku follback

Dian last friend 73 pada 07:59 PM, 14-Feb-13

wih keren nih biggrin kunjungan malam

Iyos Aseno pada 08:12 PM, 14-Feb-13

hadir om kece lol

Muhammad Haikal pada 08:57 PM, 14-Feb-13

kunjungan malam bos sebelum tidur

Muhamad Robai Syn pada 09:04 PM, 14-Feb-13

Robai syn hadir untuk absen malam

Rio Naxz Deltra pada 09:08 PM, 14-Feb-13

Kunbal sukses sob,
Ikut meramaikan saja.
biggrin

Cyber Newbie pada 10:08 PM, 14-Feb-13

Mantap Ndan

Ditunggu Kunbalnya biggrin

Hisam pada 10:12 PM, 14-Feb-13

makasih info susukedelainya sob, mau tanya sob, vara membuat susu kedelai itu gimana ya ????

met malam smile


http://aljafari.mywapblog.com/

Edy setiawan pada 10:42 PM, 14-Feb-13

wah, banyak banget manfaatnya.

http://edy-setiawanita.heck.in/kota-mati-yang-ditinggalkan-para-pendudu.xhtml

Edy setiawan pada 10:43 PM, 14-Feb-13

wah, banyak banget manfaatnya.

http://edy-setiawanita.heck.in/kota-mati-yang-ditinggalkan-para-pendudu.xhtml

Langgani komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar